PENGERTIAN
- Menurut George A Miller (1951): komunikasi adalah proses informasi yang disampaikan dari satu tempat tertentu ke tempat yang lain
- Menurut Clavenger (1959): komunikasi merupakan suatu terminologi yang merujuk pada suatu proses pertukaran informasi yang dinamis.
- Menurut Cherry (1966): komunikasi berarti berbagi elemen perilaku dengan kesepakatan yang ditetapkan bersama.
MODEL KOMUNIKASI KESEHATAN
1. Model Shanon Weaver
- Komunikasi dipandang sebagai suatu sistem: yang terdiri:
- Sumber informasi (source) → memilih informasi yang dirumuskan (encode) menjadi pesan (massage) → pesan dikirim dengan isyarat (signal) melaui saluran (chanel) kepada penerima (receiver) → penerima menterjemahkan pesan untuk disampaikan ke tujuan (destination)
2. Model SMCR
- Model ini menampilkan 4 variabel komunikasi:
- Source (sumber)
- Massage (pesan)
- Chanel (saluran)
- Receiver (penerima)
- Proses komunikasi berlangsung tergantung: ketrampilan, sikap, pengetahuan, budaya yang berbeda
3. Speech Communication Model
- Komunikasi terdiri 3 variabel:
- Pembicara (speaker)
- Pendengar (receiver)
- Umpan balik (feed back)
- Antara pembicara dan penerima dapat terjadi sikap dan interpretasi yang berbeda
KOMUNIKASI KESEHATAN SEBAGAI INTERVENSI PERUBAHAN PERILAKU
- Tujuan pokok program komunikasi kesehatan adalah perubahan perilaku
- Dengan adanya intervensi komunikasi kesehatan diharapkan akan timbul permintaan (demand) terhadap produk layanan kesehatan yang dibutuhkan
- Bisa saja masyarakat tidak meminta layanan kesehatan karena mereka tidak tahu
KERANGKA KONSEP KOMUNIKASI KESEHATAN
- Kerangka konsep komunikasi kesehatan terdiri:
- Pemasaran sosial: untuk memilih segemen pasar dalam memasarkan produk
- Analisis perilaku: teknik untuk mempelajari serta memberi motivasi perubahan
- Antropologi: mengungkap persepsi dan nilai yang mendasari perilaku
PEMASARAN SOSIAL
- Menurut Kloter (1984):
- Pemasaran sosial adalah suatu kompleks yang terdiri dari desain, implementasi dan pengawasan suatu program yang ditujukan untuk meningkatkan penerimaan gagasan (ide) soaial atau perilaku pada suatu kelompok sasaran
- Pemasaran sosial menjual produk dan perilku yang sesuai dengan minat masyarakat
FOKUS PADA KONSUMEN
- Pemasaran Sosial berorientasi pada konsumen, bukan pada produk
- Konsumen yang dijadikan alat ukur keberhasilan program pemasaran sosial
- Konsumen selalu dilibatkan dan dimintai saran untuk bahan pengambilan keputusan
- Sasaran berbeda latar belakang sosbud, pandangan, nilai, kebutuhan
- Segementasi sasaran penting dalam pemasaran sosial
VARIABEL PEMASARAN
- Product (produk): komoditi, gagasan, ide, perilaku kesehatan
- Price (harga): uang, kesempatan, status sosial, waktu untuk memperoleh produk
- Place (tempat): jalur yang digunakan untuk menyalurkan produk
- Promotion (promosi): perlu pendidikan konsumen agar mampu menggunakan produk yang tepat
ANALISIS PERILAKU
- Analisis perilaku merupakan studi tentang peristiwa yang ada dalam masyarakat, terutama yang berkaitan dengan perilaku atau kebiasaan masyarakat serta faktor yang melatar belakangi perilaku tersebut.
- Faktor yang perlu diperhatikan: lingkungan yang memicu, kerumitan menyiapkan bahan, sifat kejadian yang mendahului perilaku serta akibatnya
ANTROPOLOGI MEDIS
- Antropologi medis merupakan cabang antropologi yang mempelajari masalh penyakit/kesehatan pada suatu tempat yang berhubungan dengan latar belakangbudaya setempat
- Antropologi mempelajari tentang persepsi, kepercayaan, nilai dan kebiasaan yang ada dalam masyarakat
PROGRAM KOMUNIKASI KESEHATAN
Tahap Perencanaan:
- Analisis masalah kesehatan
- Riset pengembangan
- Pengembangan strategi
- Uji coba bahan
- Rencana operasional
Tahap Pelaksanaan:
- Produksi
- Pelatihan
- Distribusi
Tahap pemantauan dan Evaluasi
- Evaluasi hasil (output)
- Evaluasi akibat (effect)
- Evaluasi dampak (impact)
REFERENSI
- Notoatmodjo, 2005, Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi, Jakarta, Rineka Cipta
- Fisher, Augrey, 1986, Theories of Communication (Terjemahan Soejono Trimo), Bandung, Remaja Karya
- Green, 1980, Health Education Planning, A Diagnostic Approach, The John Hopkins University, Maryland, Mayfield Publishing Company
0 komentar:
Post a Comment
* Berkomentarlah yang Sopan sesuai dengan Judul isi Postingan.
* Komentar secepatnya direspon jika admin tidak sibuk. Terima Kasih