1.      VIRUS
a.       Pengertian
Virus adalah parasit berukuran mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis.
b.      Penyakit yang ditimbulkan
Contoh paling umum dari penyakit yang disebabkan oleh virus adalah pilek (yang bisa saja disebabkan oleh satu atau beberapa virus sekaligus), cacar, AIDS (yang disebabkan virus HIV), dan demam herpes (yang disebabkan virus herpes simpleks).
c.       Pengendalian
Pencegahan terbaik adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Pada penderita alergi, asthma dan gangguan saluran cerna. Pada kasus tertentu juga mempunyai daya tahan tubuh yang buruk seperti penderita HIV AIDS. Malnutrisi, penderita leukemia, kelainan jantung bawaan biru, gagal ginjal dan gangguan lainnya.

2.      BAKTERI
a.       Pengertian
Bakteri adalah suatu organisme yang jumlahnya paling banyak dan tersebar luas dibandingkan dengan organisme lainnya di bumi.
b.      Penyakit yang ditimbulkan
a. Infeksi EPEC : Escherichia coli tipe enteropatogenik melekat pada mukosa usus dan mengubah kapasitas absorpsi usus, menyebabkan muntah, diare, nyeri abdomen serta demam.
b. Infeksi ETEC : Efeknya pada kesehatan diperantarai oleh enterotoksin. Gejalanya meliputi diare (yang berkisar dari diare afebril ringan sampai sindrom mirip-kolera dengan diare yang banyak tanpa darah atau mukus), kram abdomen serta muntah, yang kadang-kadang menimbulkan dehidrasi dan syok.
c. Infeksi EIEC
: Kelainan inflamasi pada mukosa dan submukosa usus yang disebabkan oleh invasi dan multiplikasi EIEC dalam sel epitel kolon. Gejalanya meliputi demam, nyeri abdomen yang hebat,
     muntah dan diare cair (pada <10% kasus, tinjanya mungkin mengandung darah dan mengandung mukus).
d. Infeksi EHEC
 : Kram abdomen, diare cair yang dapat berubah menjadi diare berdarah (kolitis hemoragik). Demam dan muntah juga dapat terjadi.

 c.       Pengendalian
Ø  Industri: pengolahan air minum dan sistem pembuangan limbah yang efektif.
Ø  Tempat pengelolaan makanan/rumah tangga: upaya pengendalian khusus yang didasarkan pada pencegahan kontaminasi pada makanan dan air minum baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap materi tinja; memasak makanan dan memanaskannya kembali dengan baik; dan higiene perorangan yang baik.

3.      PARASIT
a.       Pengertian
Parasit adalah suatu binatang atau tumbuhan yang hidup dari pemberian inangnya.
b.      Penyakit yang ditimbulkan
ü  Malaria
ü  Kutu pada Badan
ü  Demam Katamaya
ü  Amubiasis

0 komentar:

Post a Comment

* Berkomentarlah yang Sopan sesuai dengan Judul isi Postingan.
* Komentar secepatnya direspon jika admin tidak sibuk. Terima Kasih

 
Top