Kata epidemiologi  berasal dari bahasa yunani, yatu Epi = pada/ di antara, Demos = penduduk atau rakyat dan logos = ilmu atau doktrin. Jadi menurut asal kata epidemiologi berarti ilmu tentang dipakai untuk mencari pemecahan masalah yang terjadi di masyarakat.

Epidemiologi, sebagai ilmu dagnosa kesehatan masyarakat, terus berkembang dari pengalaman menghadapi sepak terjang penyakit sebagai fenomena massal. Ketika wabah penait menular melanda bangsa-bangsa di dunia, epidemiologi diartikan sebgai ilmu tentang epidemi (wabah).
Untuk mengatasi suatu wabah yang tengah berkecamuk, perlu diketahui bagaimana menjalarnya penyait tersebut dengan mengamati siapa-siapa yang terserang, di tempat-tempat mana wabah menyerang, dan berapa waktu yang dibutuhkan untuk menyerang sejumlah orang tersebut. Sesuai peranannya pada waktu itu epidemiologi kemudian dirumuskan sebagai ilmu tentang fenomena massal penyakit infeksi (frost, 1972)
Kemajuan zaman telah mencatat perubahan pola penyakit di dunia, khususnya di negara-negara maju. Wabah penyakit infeksi sudah semakin tergeser oleh penyakt degeneratif dan gangguan klesehatan akibat perilaku manusia sendiri(omran, 1974). Namun epidemiologi masih dimanfaatkan untuk mempelajari penyebaran fenomena pada populasi manusia. Hal ini sesuai dengan akar kata epidemiologi berasal dari bahasa yunani, yatu Epi = pada/ di antara, Demos = penduduk atau rakyat dan logos = ilmu atau doktrin. Jadi menurut asal kata epidemiologi berarti ilmu tentang dipakai untuk mencari pemecahan masalah yang terjadi di masyarakat.
Sebagai cabang ilmu terapan, secara sederhana epidemiologi didefinisikan ilmu yang mempelajari penyakit dan status kesehatan dalam masyarakat.
Sedangkan definisi epidemiologi yang lebih operasional yang telah disepakati dalam pertemuan internasional ahli epidemiologi di Amerika tahun 1991, mengatakan bahwa : epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari distribusi dan determinan penyakit dan berbagai masalah kesehatan di dalam masyarakat yang aplikasinya ditujukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
Brian Mac Mahon 1970, pakar epidemiologi di AS menyatakan bahwa epidemiology is the study of the distribution and determinans of desease frecuency in man. Epidemiologi adalah studi tentang penyebaran dan penyebab penyakit pada manusia dan mengapa terjadi distribusi semacam itu. Walaupun definisninya cukup sederhana tetai Macmahon menekankan epidemiologi sebagai suatu pendekatan metodologi dalam menentukan distribusi penyakit dan mencari penyebab mengapa terjadi distribusi sedemikian dari suatu penyakit.

0 komentar:

Post a Comment

* Berkomentarlah yang Sopan sesuai dengan Judul isi Postingan.
* Komentar secepatnya direspon jika admin tidak sibuk. Terima Kasih

 
Top